Pengelompokkan Matakuliah

Karena tujuan STAI adalah untuk mencetak tenaga pendidik muslim/sarjana pendidikan Islam yang unggul yakni sarjana pendidikan yang berkepribadian Islam (beriman/bertaqwa dan istiqomah di atasnya serta berakhlaq karimah) dan profesional (memiliki kemampuan berpikir akademis, ahli dalam Ilmu Agama, Bahasa Arab, Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran, serta terampil dalam menerapkan kompetensi keguruan dan sosial secara Islami di dalam berkhidmah untuk Islam dan kaum Muslimin), maka:

Matakuliah program S-1 STAI dikelompokkan ke dalam 4 kelompok matakuliah berikut:

  • Matakuliah Pengembangan Kepribadian (MPK).
  • Matakuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK).
  • Matakuliah Keahlian dan Perilaku Berkarya (MKPB).
  • Matakuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB).
  1. Matakuliah Pengembangan Kepribadian (MPK) adalah matakuliah yang memberikan dasar-dasar pembinaan dan pengembangan kepribadian calon pendidik muslim yang beriman/bertaqwa, istiqomah di dalamnya dan berakhlaq karimah. Kelompok matakuliah ini juga akan mendorong dan mengarahkan para mahasiswa untuk sadar dan bertanggung jawab atas keberlangsungan kehidupan yang baik dan benar sepanjang ajaran Islam pada dirinya, keluarga, masyarakat, dan ummat dalam makna yang luas. Kelompok matakuliah ini harus diikuti oleh semua mahasiswa STAI. Kelompok matakuliah ini merupakan Matakuliah Dasar Umum (MKDU) sebagai Matakuliah Sekolah Tinggi Islam (Kode ST). Bobot dan keluasan matakuliah ini –khususnya kelompok matakuliah Dieniyah/al-ulum asy-syar’iyyah– juga merupakan kelompok matakuliah jurusan/prodi bagi mahasiswa yang menempuh kuliah pada prodi Pendidikan Agama Islam. Demikian halnya untuk kelompok matakuliah Lughoh Arabiyah merupakan kelompok Matakuliah Sekolah Tinggi bagi prodi Pendidikan Agama Islam. Sedangkan bobot (pendalaman) dan keluasan matakuliah Lughoh Arabiyah merupakan kelompok matakuliah jurusan/prodi bagi mahasiswa yang menempuh kuliah pada prodi Bahasa Arab.
  2. Matakuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK) adalah kelompok matakuliah yang memungkinkan mahasiswa memiliki landasan kemampuan berpikir akademis dan penguasaan ilmu dan kompetensi atau ketrampilan profesional sebagai calon pendidik muslim. Kelompok matakuliah ini merupakan Matakuliah Jurusan dan Prodi (Kode Tar/PAI/PBA).
  3. Matakuliah Keahlian dan Perilaku Berkarya (MKPB) adalah matakuliah untuk memungkinkan bagi mahasiswa mencapai keahlian pendidik berupa ketrampilan menerapkan kompetensi keguruan yang bernilai plus/unggul (ia dapat berkarya sesuai dengan ilmu Agama Islam di bidang pendidikan dan bahasa Arab dan ketrampilan keguruan yang dimilikinya serta untuk memberikan bekal kepada mahasiswa agar memiliki sikap dan perilaku yang dibutuhkan bagi seorang pendidik di dalam berkarya menurut ilmu dan ketrampilan yang dimilikinya). Kelompok matakuliah ini merupakan Matakuliah Prodi (Kode PAI/PBA).
  4. Matakuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB). Matakuliah ini dimaksudkan untuk memberikan bekal kepada mahasiswa (kompetensi sosial) tentang keadaan kehidupan bermasyarakat anak didik dan anggota masyarakat yang berkaitan dengan pendidik setelah mereka terjun ke masyarakat luas serta ia dapat mengikuti perkembangan peradaban manusia di tempat ia berkarya. Matakuliah ini merupakan matakuliah jurusan dan prodi (Kode Tar dan PAI/PBA).
  5. Untuk tujuan identifikasi, setiap matakuliah diberi kode tertentu yang menunjukkan semester dan nomor urut pengelompokkan matakuliah.

    • Misal 1: ST 1207
      • Dua huruf pertama (ST) merupakan kode MK tingkat ST.
      • Angka pertama (1) merupakan kode kelompok MK (yakni MPK).
      • Angka ke dua (2) merupakan kode semester (yakni semester ke-2).
      • Dua angka terakhir (07) merupakan urutan banyaknya matakuliah pada kelompok MK (yakni urutan ke-7 pada MPK).
    • Misal 2: TAR.3105
      • Tiga huruf pertama (TAR) merupakan kode MK tingkat jurusan (yakni tarbiyah/ pendidikan).
      • Angka pertama (3) merupakan kode kelompok MK (yakni MKPB).
      • Angka ke dua (1) merupakan kode semester (yakni semester ke-1).
      • Dua angka terakhir (05) merupakan urutan banyaknya matakuliah pada kelompok MK (yakni urutan ke-5 pada MKPB).