Sistem Kredit Semester

  1. Sistem Kredit

    Sistem Kredit adalah suatu sistem penyelenggaraan pendidikan yang mengelola beban studi mahasiswa, beban kerja tenaga pengajar dan beban penyelenggaraan program lembaga pendidikan dinyatakan di dalam bentuk kredit.

  2. Semester

    Semester adalah satuan waktu terkecil untuk menyatakan lamanya program pendidikan di dalam suatu jenjang pendidikan. Satu Semester adalah satuan waktu kegiatan yang terdiri dari 16 s/d 22 minggu kuliah atau kegiatan terjadual lainnya, berikut kegiatan yang menyertainya, termasuk 1 minggu kegiatan penilaian.

  3. Satuan Kredit Semester

    Satuan Kredit Semester adalah satuan waktu yang digunakan untuk menyatakan besarnya beban studi mahasiswa, besarnya pengakuan atas keberhasilan usaha kumulatif bagi suatu program tertentu serta besarnya usaha untuk penyelenggaraan pendidikan, khususnya bagi tenaga pengajar.

  4. Ciri-ciri Sistem Kredit

    Ciri-ciri Sistem Kredit adalah:

    1. Di dalam Sistem Kredit tiap-tiap mata kuliah diberi harga yang dinamakan bobot kredit.
    2. Besarnya bobot kredit untuk mata kuliah yang berlainan tidak perlu sama.
    3. Besarnya bobot kredit untuk masing-masing mata kuliah ditentukan atas besarnya usaha untuk menyelesaikan tugas-tugas yang dinyatakan di dalam program perkuliahan, praktikum, kerja lapangan maupun tugas-tugas lain.