Dasar Pemikiran

Di dalam rangka membangun Bangsa Indonesia yang berkepribadian Islami, STAI Unggulan memiliki kehendak berpartisipasi di dalamnya, dengan cara membangun sistem perkuliahan yang berpangkal kepada sistem pendidikan yang fungsional dan profesional.

Sistem tersebut berpangkal pada Tiga Prinsip Perguruan Tinggi, yaitu:

  • Melaksanakan Pendidikan/Pengajaran
  • Mengembangkan Penelitian
  • Melayani masyarakat.

Sebagaimana perguruan tinggi yang lain, STAI Ali bin Abi Thalib Surabaya juga menerapkan Sistem Satuan Kredit Semester (SKS) dalam pelaksanaan perkuliahannya, terutama untuk 2 atau 3 tahun terakhir masa studi tingkat sarjana. Untuk 2 tahun pertama masa perkuliahan, ditempuh dengan sistem paket (SKS terpaket). Dengan melihat efisiensi serta hasil yang memuaskan dari sistem SKS dan juga sistem kepesantrenan/kema’hadan (Boarding System), maka penerapan 2 buah sistem tersebut (SKS & Boarding System) dalam pembinaan para mahasiswa/kader muslim di lingkungan STAI Ali bin Abi Thalib layak dilaksanakan.

Dengan diterapkannya sistem kredit semester, masalah irama kecepatan belajar mahasiswa, penghargaan tentang minat terhadap suatu matakuliah dan perbedaan individual diantara mahasiswa bisa terakomodir dengan baik. Di samping itu, mahasiswa juga diberi kesempatan menabung credit point atas matakuliah yang telah selesai diikuti, sehingga memungkinkan bagi seorang mahasiswa menyelesaikan pendidikan lebih cepat dari masa studi sarjana yang seharusnya yaitu 4 tahun. Dengan sistem SKS, dapat ditegaskan bahwa mahasiswa mempunyai kesempatan untuk berprestasi lebih tinggi dan mempercepat masa studi jenjang sarjana. Dengan sistem SKS juga, penumpukan mahasiswa pada tingkat akhir bisa diatasi, demikian juga tingkat kejadian drop-out/rosib bisa diperkecil.

Beberapa point tambahan lainnya akan kelebihan dari sistem kredit semester adalah:

  • Efisiensi penggunaan ruang kuliah.
  • Efisiensi tenaga dosen.
  • Kematangan mahasiswa di dalam kemandirian belajar dapat terarahkan dengan baik.