Gambaran Umum Ujian

Evaluasi adalah suatu penilaian secara menyeluruh dan terpadu mengenai perkembangan dan kemajuan seorang mahasiswa untuk memperoleh gambaran yang lengkap mengenai studi yang dilakukannya selama jangka waktu tertentu. Ujian-ujian, sebagai salah satu alat evaluasi, bertujuan untuk menilai kemam- puan mahasiswa di dalam memahami dan menguasai bahan yang disajikan di dalam perkuliahan, serta untuk mengetahui kedudukan mahasiswa di dalam kelompok yang didasarkan pada kemampuan masing masing.

Evaluasi kemajuan studi mahasiswa terdiri atas:

  1. Ujian formatif.
  2. Ujian mid semester.
  3. Ujian sumatif.
  4. Ujian praktikum.
  5. Karya Ilmiah/Skripsi.

Ujian dapat dilaksanakan di dalam bentuk:

Ujian tulis, ujian lisan, seminar/kombinasi, sesuai dengan jenis matakuliah, tujuan kurikuler, dan kondisi dosen yang bersangkutan.

Lebih dari itu, dosen bekerja sama dengan bagian administrasi akademis, melakukan evaluasi secara menyeluruh (totalitas kepribadian mahasiswa) dengan cara menyusun folder setiap mahasiswa dalam rangka mengetahui perkembangan dan pertumbuhan keseluruhan kepribadian mahasiswa selama kuliah di STAI. Folder ini merupakan kartu laporan perkembangan kepribadian mahasiswa yang lengkap, menyeluruh, dan dapat diandalkan oleh berbagai pihak yang berkepentingan.