Pemberiaan penghargaan terhadap figur yang berperan dalam pengajaran bahasa Arab di Surabaya dan sekitarnya oleh Prof.Dr. Kholid bin Farraj Al Mutlaq dari Atase Pendidikan Kedutaan Kerajaan Arab Saudi untuk Malaysia dan Indonesia kepada:

1. Ustadz Abdurrahman At-Tamimi hafidzahullahu Ta’ala, salah seorang pendiri dan dosen STAI ALI BIN ABI THALIB Surabaya yang telah berjasa mengajarkan bahasa Arab selama lebih dari 20 tahun

2. Ustadz Muhammad Chusnul Yakin, M.Pd.I (Kepala Jurusan PBA sekaligus Dosen STAI ALI BIN ABI THALIB Surabaya) yang atas jasanya mengajarkan bahasa Arab kurang lebih 19 th

Hari ini tanggal 21 Desember 2018 di Booth Hari Bahasa Arab Sedunia yang diadakan oleh Atase Pendidikan Kedutaan Kerajaan Arab Saudi di Grand City Surabaya Mall yang diadakan pada tanggal 20-21 Desember 2018.

Hari Bahasa Arab Sedunia jatuh setiap tanggal 18 Desember.

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memutuskan untuk menjadikan bahasa Arab sebagai salah satu bahasa resmi PBB pada 18 Desember 1973. Bahasa Arab bersanding dengan 5 bahasa resmi PBB lainnya (Bahasa Inggris, Tionghoa, Perancis, Rusia, dan Spanyol).

Penetapan bahasa Arab sebagai bahasa resmi PBB pada tanggal 18 Desember menginspirasi Maroko dan Arab Saudi untuk mengusulkan ke UNESCO agar tanggal tersebut diperingati sebagai Hari Bahasa Arab Sedunia (World Arabic Language Day) pada tahun 2010. Tujuan dari peringatan ini adalah sebagai bentuk promosi multilingualism dan keragaman budaya.

Tidak hanya itu, tujuan lain dipilihnya tanggal 18 Desember sebagai Hari Bahasa Arab Sedunia adalah untuk menumbuhkan kesadaran para anggota PBB pada sejarah, kebudayaan, dan perkembangan dari masing-masing ke-6 bahasa resmi PBB.

Dosen STAI Ali Bin Abi Thalib Mendapatkan Penghargaan dari Atase Pendidikan Kedutaan Arab Saudi 1

Dosen STAI Ali Bin Abi Thalib Mendapatkan Penghargaan dari Atase Pendidikan Kedutaan Arab Saudi